​PT. ESCO Teknologi Integrasi

Thamrin Residence Office Park, Unit RC-06

Jl. Thamrin Boulevard, RT 3 / RW 8

Jakarta Pusat 10230, Indonesia

Tel: +62 21 2139 2211

VC IP: 202.158.24.3

Email: info@esco.co.id

Alamanda Bali 5th Floor. Jalan Bypass Ngurah Rai No. 67 Banjar Kerthayasa, Kedonganan. Kuta Badung - Bali 80361, Indonesia

Tel: (0361) 2003 067

Chubb Square, Jl. M.H. Thamrin No.10, RT.14/RW.20, Kb. Melati, Jakarta, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230

Our Offices

Singapore (HQ)

China

Hong Kong

India

Indonesia

Korea

Malaysia

Philippines

Sri Lanka

Taiwan

Vietnam

Contact Us

Regional Offices

Copyright ® 2019 ESCO Pte. Ltd. Leading System Integrator. All rights reserved.  |  Privacy Policy

  • Facebook - White Circle
  • YouTube - White Circle
  • LinkedIn - White Circle
  • Twitter - White Circle
  • ESCO Admin

Cara Menghitung Jarak dan Lebar Layar Proyektor Sesuai Luas Ruangan dan Fungsi

Sangat penting untuk mengetahui cara menentukan ukuran layar proyektor sebelum memakainya. Peran layar sebagai pemantul cahaya dari proyektor jelas pada akhirnya berpengaruh terhadap kualitas tampilan secara langsung. Jika ukuran proyektor tidak sesuai, khususnya dengan lebar dan luas ruangan, pesan pun akhirnya bisa terhambat sampai ke penonton.


Anda yang berperan sebagai pihak penyampai pesan tentunya tidak ingin kalau hal itu gagal tersampaikan, bukan?. Karena tentunya ada target-target tertentu yang ingin dicapai melalui pesan itu. Misalkan Anda sebagai bos perusahaan ingin itu tersampaikan kepada seluruh karyawan yang hadir, penyelenggara acara seminar ingin pesan sampai ke seluruh peserta, dan sebagainya.


Sebenarnya untuk menentukan layar yang akan digunakan juga diperlukan analisa aspek pencahayaan ruangan. Namun karena disini fokusnya hanya ingin mengetahui ukuran layar yang cocok, tidak sampai pada jenis dan bahannya, maka analisa hanya pada aspek luas ruangan dan fungsinya.


Ukuran Layar Proyektor Sesuai Luas Ruangan

Cara menentukan ukuran layar proyektor disini jelas supaya sesuai dengan ukuran ruang yang dipakai. Karena misalkan jika ukuran layar yang dipakai terlalu kecil, sedangkan ruangan besar dan menampung banyak audiens, jelas akan banyak dari mereka kesulitan melihatnya. Sebaliknya jika ukuran terlalu besar sedangkan ruangan kecil, justru membuat mereka tidak nyaman.


Ukuran layar proyektor sangat beragam dengan lebar mulai dari 1 sampai 6 meter. Dalam ukuran inchi dari ukuran 50 hingga 300 inchi dengan jenis bahan yang beragam. Umumnya ada tiga rasio ukuran proyektor yang banyak digunakan yaitu 1:1, 4:3 dan 16:9. Masing-masing punya kecocokan luas ruangan dan kebutuhan yang berbeda.


Layar proyektor yang banyak digunakan untuk ruangan ukuran kecil, seperti rapat kantor, ruang kelas dengan audiens kurang dari 40 orang, biasanya memakai 1:1 sudah cukup. Sedangkan untuk jumlah audiens yang lebih banyak di ruangan yang lebih luas, misalkan untuk seminar atau presentasi umumnya menggunakan ukuran 4:3. Sedangkan untuk 16:9 lebih cocok untuk home theater atau layar bioskop.


Menghitung Jarak Layar dengan Proyektor

Selain cara menentukan ukuran layar proyektor penting juga untuk Anda ketahui cara untuk mengatur jaraknya dari proyektor. Karena percuma jika ukuran layar sudah Anda sesuaikan dengan pas tapi jaraknya terlalu jauh atau dekat ke proyektor. Nantinya pantulan cahaya menjadi buram atau tidak pas dengan ukuran layar.


Salah satu metode yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan Throw Ratio lensa proyektor. Asumsinya disini Anda sudah menentukan lebar layar yang digunakan sehingga tahu ukuran proyeksi yang diharapkan. Contoh perhitungannya sebagai berikut :

  • Misalkan Anda menggunakan proyektor dengan TR 1,5 – 1,8 : 1. Sedangkan lebar proyeksi yang diharapkan adalah 2,4m, maka

o 1,5 x 2,4 = 3,6 meter

o 1,8 x 2,4 = 4,32 meter

Jadi supaya proyeksi ke layar bisa selebar 2,4 meter, jarak antara proyektor dengan layar perlu diatur antara rentang 3,6 meter sampai 4,32 meter.


Terkait dengan ini, dibutuhkan proyektor dengan Lumens yang lebih besar untuk ruangan yang lebih luas. Karenanya jika Anda ingin proyeksi yang berkualitas pada ruangan yang besar, sebisa mungkin menggunakan proyektor dengan Lumens besar. Kualitas akan semakin bagus jika resolusi proyektor juga tinggi dan bahan screen yang digunakan juga bagus.


Bagaimana Jika Luas Ruangan Terbatas?

Mengetahui cara menentukan ukuran layar proyektor beserta jaraknya terhadap proyektor memang belum menjamin semuanya pas. Karena terkadang luas ruangan terbatas dan tidak memungkinkan untuk menempatkan proyektor dengan jarak ideal. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, maka disarankan :

  • Hitung terlebih dulu jarak yang memungkinkan antara proyektor dengan layar, kemudian dibagi lebar layar yang digunakan.

  • Anda bisa memilih proyektor dengan nilai Throw Ratio yang paling mendekati dengan hasil pembagian tersebut.

Jika dengan cara tersebut masih belum bisa membuat gambar tampil dengan ukuran pas pada layar, maka Anda bisa menggunakan cermin. Sinar dari LCD Proyektor bisa Anda pantulkan pada cermin datar dengan ukuran 1x1 meter. Lalu sinar proyeksi dari cermin dipantulkan pada layar, khususnya jenis layar transparan yang bisa ditembak dari belakang.


Menghitung Posisi Layar Proyektor yang Tepat

Rasanya kurang pas jika sudah menggunakan cara menentukan ukuran layar proyektor dengan pas tapi justru tidak memasangnya pada posisi yang sesuai. Karena audiens tetap merasa kurang nyaman melihatnya. Karenanya perlu dipastikan juga posisinya berada pada ketinggian dan kemiringan yang sesuai dengan konteks audiens.


Dalam menghitungnya Anda perlu menentukan terlebih dahulu posisi terjauh audiens. Kemudian diukur jaraknya dengan layar proyektor. Jika sudah didapatkan, berikut rumusnya :

  • Tinggi layar proyektor dari lantai sama dengan 1/8 jarak antara layar dengan tempat duduk audiens yang terjauh.

  • Sedangkan untuk kemiringannya tidak boleh lebih dari 50 derajat antara audiens paling ujung di baris pertama dengan bagian tengah layar. Jelas ini penting supaya audiens tetap merasa nyaman melihatnya.

Sehingga itulah cara menentukan ukuran layar proyektor yang pas beserta pengaturan jarak yang sesuai dengan asumsi luas ruangan dan jumlah audiens. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam mengatur penataan proyektor, layar dan audiens setor dan hingga proses penyampaian pesan bisa optimal.

646 views